ABRAHAM, ISHAK, YAKUB

Bahan : Matius 1:2

Oleh: Hengky Lie

Titik awal silsilah Kristus dalam Injil Matius di mulai oleh Abraham. Meskipun janji keturunan yang akan meremukkan kepala ular sudah diberikan kepada Hawa jauh sebelum Abraham ada (Kej. 3:15) namun Abrahamlah yang disebutkan disini sebagai titik permulaan silsilah Yesus Kristus. Oleh dorongan Roh Kudus Matius sebagai penulis kitab Injil mengabaikan Adam sampai Terah dan memulainya dengan Abraham.

Mengapa Abraham ? Abraham adalah bukti pekerjaan Allah dimana Allah sendirilah yang pertama-tama memanggil Abraham keluar dari negerinya (Ur Kasdim) menuju ke Kanaan. Ur Kasdim adalah negeri penyembah berhala dan kemungkinan besar keluarga Abraham pun adalah penyembah berhala.

Allah berjanji kepada Hawa dan Allah sendirilah yang berinisiatif memenuhi janji itu dengan memanggil Abraham untuk membuat suatu bangsa milik kepunyaanNya sendiri. Hanya inisiatif Tuhanlah yang terhitung sebagai titik permulaan penebusan dalam silsilah Yesus Kristus.

Abraham memperanakkan Ishak…
Hanya Ishak yang disebutkan disini sebagai keturunan Abraham. Meskipun Abraham memperanakkan Ismael sebelum Ishak dan 6 anak lainnya setelah Ishak (Kej. 25:2), namun semua mereka tidak dipakai Allah untuk melahirkan Kristus. Hanya Ishaklah anak yang di janjikan Tuhan dan oleh janji ini Allah akan bekerja. Semua daya usaha manusia hanya melahirkan Ismael, Zimran, Yoksan, Median dan sebagainya sama sekali tidak dapat dipakai Allah untuk mengerjakan rencanaNya. Allah yang berjanji, haruslah Dia juga yang menggenapi. Semua usaha manusia untuk menggenapkan janji Allah hanya akan menghalangi Tuhan dan menganiaya  anak yang dijanjikan.

Ishak memperanakkan Yakub…Sebenarnya Ishak tidak hanya memperanakkan Yakub melainkan juga Esau, bahkan keduanya adalah anak kembar yang lahir pada hari yang sama, namun Esau yang sulung sama sekali di abaikan dan tidak disebut disini. Karena nafsu yang rendah, Esau menjual hak kesulungannya demi sepiring makanan (Ibrani 12:16) dan meskipun mencucurkan air mata, dia tidak dapat memperolehnya lagi (Ibrani 12:17)

Tiga nama pertama yang disebut dalam Matius 1:2 secara berturut-turut : Abraham, Ishak dan Yakub adalah nama dari Allah, turun temurun yang harus di ingat oleh bangsa Israel (Keluaran 3:15).  3 nama ini berarti :
(1) Allah mendengar keluh kesah umatNya (Keluaran 2:24). Karena Allah mendengar, berarti Allah tidak akan membiarkan umatNya di perbudak di Mesir yang melambangkan dunia dan dosa.

(2) Abraham, Ishak dan Yakub adalah janji Allah akan tanah permai Kanaan, suatu negeri perhentian yang berlimpah susu dan madunya (Kel. 3:6-8). Haleluya, disebutnya 3 nama ini dalam Silsilah Kristus, berarti Yesus Kristus adalah tanah permai kita yang dijanjikan Allah, yang oleh karena Dia kita menerima segala berkat sorgawi dan menikmati perhentian Tuhan.

(3) Allah Abraham (Allah Bapa) berarti Allah yang berinisiatif memanggil orang berdosa. Allah Ishak (Allah Anak) berarti Allah yang memberikan segala yang terbaik kepada anakNya. Dan sebagai anak kita cukup hanya menikmati segala berkat dari Bapa tanpa perlu berjerih lelah. Allah Yakub (Allah Roh Kudus) berarti Allah yang menghajar dan membentuk anak-anakNya untuk menjadikannya bejana kemuliaan bagi Allah.

Yakub memperanakkan Yehuda…Anak sulung Yakub adalah Ruben namun garis kelahiran Kristus diteruskan oleh Yehuda karena Ruben telah kehilangan hak kesulungan karena dosa sex. Hak kesulungan Ruben beralih ke Yusuf dan hak kerajaan beralih ke Yehuda (1 Tawarikh 5:2).

Dipilihnya Yehuda oleh Allah untuk meneruskan garis keturunan Kristus, jelas menunjukkan bahwa Kristus berhubungan erat dengan kerajaan

Yehuda adalah anak ke-empat Yakub dari Lea, nama Yehuda berarti Pujian. Hasil perhatian Allah akan kesengsaraan umatnya ditambah dengan janji Allah atas tanah permai adalah puji-pujian umatNya. Yakub lebih mengasihi Rahel daripada Lea, namun Allah telah memutuskan Lea sebagai istri pertama Yakub, adalah istri yang sah sebagai penerus Kristus. Yehuda adalah anak terakhir dari Lea (Kej. 29:35)  yang dipilih Allah sebagai penerus garis kelahiran Kristus.

Yehuda dan saudara-saudaranya.
Disini saudara-saudara Yehuda yang seluruhnya ada 11 orang di singgung, sedangkan saudara-saudara Ishak dan saudara-saudara Yakub sama sekali tidak disebut. Hal ini berarti Kristus adalah Mesias yang dijanjikan kepada 12 suku Israel. Itulah sebabnya Yesus berkata “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Mat 15:24)

Sumber : http://www.gpdiwoord.us

Tulisan ini dipublikasikan di ILUSTRASI KHOTBAH. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s